Sabtu, 22 Oktober 2011


  Efektivitas Komunikasi

Efektivitas komunikasi adalah suatu komunikasi yang dapat dimengerti oleh penerima pesan dengan cepat dan tepat ,tanpa perlu banyak waktu untuk mengulang informasi yang disampaikan dan komunikator mengetahui dengan pasti bahwa penerima pesan memahami dan melaksanakan apa yang telah disampaikan kepadanya.
Contoh : -Talkshow
                  - Seminar
                  - Presentase


Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Komunikasi

            Komunikator mencari sifat-sifat penerima yang berhubungan erat dengan daya persuasi dan menggunakan sifat-sifat ini untuk mengarahkan pesan dan mengembangkan media.Orang yang berpendidikan dan/atau berkecerdasan tinggi dianggap lebih sulit dipengaruhi , tetapi pernyataan ini tidak meyakinkan .Orang yang memiliki konsep diri yang lemah tampaknya lebih mudah dipengaruhi.Seperti juga orang yang kurang percaya diri .Namun, penelitian yang dilakukan oleh Cox dan Baur(1979:46) mununjukan hubungan kurva linier antara kepercayaan diri dengan persuasi, yaitu mereka yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang sedang adalah mereka yang paling mudah dipengaruhi.
            Komunikator juga perlu memperhatikan kesadaran para penerima bahwa komunikator sedang berusaha mempengaruhi mereka.Orang yang sebelumnya telah dihadapkan pada beberapa upaya persuasi akan memberikan tanggapan yang berbeda dengan orang yang belum pernah dipengaruhi sebelumnya.Fiske dan Hartley ( 1980:79 ) menunjukan factor-faktor umum yang mempengaruhi efektivitas suatu komunikasi.

1.                 Semakin besar monopoli sumber komunikasi terhadap penerima,semakin besar kemungkinan penerima akan menerima pengaruh atau pesan tersebut.
2.                 Pengaruh komunikasi yang paling besar adalah pada saat pesan yang disampaikan sesuai dengan pendapat,kepercayaan dan watak penerima.
3.                 Komunikasi dapat menyebabkan perubahan yang efektif atas masalah yang tidak dikenal dianggap ringan dan bukan inti yang tidak terletak psada pusat system nilai penerima itu.
4.                 Komunikasi akan lebih efektif jika sumber dipercaya memiliki keahlian ,status yang tinggi ,obyektif atau disukai,tetapi yang paling utama adalah sumber memiliki kekuasaan  dan dapat didefinisikan.
5.                 Konteks social ,kelompok atau kelompok referensi akan menjadi pengaruh dalam komunikasi dan mempengaruhi apakah komunikasi akan diterima ataukah ditolak.


Hambatan=hambatan dalam pelaksanaan komunikasi
Menurut nitisenito ( 1996:150-151) hambatan yang sering timbul .
1 hambatan psikologis terjadi karena berbagai hal , misalnya karena komunikasi  yang disampaikan sering kali keliru dan diralat
2 hanbatan karena banyaknya perantara .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar